oleh

Yayasan Alumni Peduli IPB (“YAPI”) Mendapat Penghargaan Mitra Terbaik Program Beasiswa dengan Penerima Beasiswa Terbanyak dalam IPB Awarding Day 2020

-OPINI-29 views
Banner IDwebhost

 

 

 

Cakramedianews.id,Bogor-
Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillaah waa syukurillaah, atas rahmat dan ridha Allah Yang Maha Kuasa, pada hari Sabtu 31 Oktober 2020, di dalam acara “IPB Awarding Day”, YAPI menerima anugerah penghargaan sebagai mitra terbaik program beasiswa dengan penerima beasiswa terbanyak. Sebuah apreasiasi atas kerja bersama dan sepenuh hati dari seluruh Tim YAPI dan IPB.

Terima kasih kepada IPB, kepada pak Rektor serta seluruh civitas akademika atas dukungannya, kepada seluruh pengurus YAPI dan terutama terima kasih kepada para donatur yang sebagian besar adalah para alumni IPB. Penghargaan ini sejatinya adalah penghargaan bagi seluruh donatur karena keberadaan YAPI tak lepas dari kepercayaan para donatur yang telah menitipkan dananya untuk dikelola oleh YAPI dan disalurkan kepada para penerima manfaat.

YAPI berdiri pada tanggal 11 November 2016, berawal dari keprihatinan para alumni pada calon mahasiwa baru IPB yang terancam tidak dapat kuliah karena terkendala biaya. Pada saat itu porsi beasiswa berasal dari BIDIK MISI adalah 20 % dari seluruh calon mahasiswa IPB. Sementara 53% dari calon mahasiswa berasal dari keluarga tidak mampu. Sisanya tentu memerlukan sumber pendanaan agar dapat terus melanjutkan pendidikan. Di lain pihak, ribuan alumni IPB yang telah membangun karir ataupun usaha tergerak untuk membantu namun tentunya memerlukan wadah agar dapat menyalurkan dananya.

Berangkat dari hal tersebut, para pendiri YAPI, para alumni IPB yakni Bambang Hendroyono, Nelly Oswini, Heri Sunaryadi, R. Fathan Kamil, Herry Suhardiyanto dan Bunasor Sanim kemudian membentuk organisasi mandiri yang diberi nama Yayasan Alumni Peduli IPB (YAPI) guna menampung dana dari donatur dan menyalurkannya kepada calon mahasiswa baru IPB dalam bentuk beasiswa. Visi YAPI “Kemanusian yang Berkeadilan Melalui Pendidikan”. Kami berkeyakinan bahwa pendidikan adalah sarana untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan bahwa setiap dari kita berhak untuk mengakses pendidikan yang layak.

Misi YAPI, membantu mahasiswa IPB yang tidak mampu melalui beasiswa, membangun prasarana pendidikan bagi mahasiswa tidak mampu dan membangun infrastruktur keuangan yang berkelanjutan untuk menjamin ketersediaan dana guna membiayai beasiswa mahasiswa tidak mampu.

Sumber pendanaan YAPI berasal Endowment Fund, Digital Crowdfunding serta penggalangan donasi, grant serta CSR pendidikan. Guna menggalang donasi, YAPI telah menyelenggarakan konser musik “Voices That Care”. Yang pertama di tahun 2018 bekerja sama dengan Agriaswara IPB dan yang kedua tahun 2019 bekerja sama dengan musikus Addie M.S. dan Vina Panduwinata. Rencana konser musik untuk penggalangan dana di tahun 2020 terpaksa harus tertunda karena pandemi Covid 19, namun tim pengurus tengah menjajaki pelaksanaan konser secara on line.

Sejak didirikan sampai dengan saat ini, YAPI telah menyalurkan beasiswa kepada 589 mahasiswa IPB dengan total dana disalurkan Rp 5.071.376.000 (lima milyar tujuh puluh satu juta tiga ratus tujuh puluh enam ribu rupiah). Beasiswa tersebut disalurkan dalam bentuk Uang Kuliah Tunggal (UKT), iuran BPJS Kesehatan, biaya hidup (living cost) serta asrama, dan biaya pelaksanaan soft skill training bagi para penerima manfaat. Kami berharap agar beasiswa ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para penerima manfaat dan suatu saat nanti para penerima manfaat hari ini akan menjadi pemberi manfaat bagi adik-adik kelasnya, kelak.

Sekali lagi kami ucapkan terima kasih dan penghargaan tertinggi kepada para donatur atas kepercayaan yang telah diberikan melalui YAPI. Terima kasih IPB. Terima kasih para pengurus YAPI. Semoga kepercayaan yang telah terbangun serta kerja sama yang baik ini dapat terus berjalan sehingga sehingga terwujud Kemanusiaan yang Berkeadilan Melalui Pendidikan. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai niat dan langkah baik ini.

Wassalamu alaikum warahmatullaahi wabarakatuh

 

Heri Sunaryadi
Ketua Yayasan Alumni Peduli IPB (YAPI)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI