oleh

Ratusan Prajurit Diuji Kamampuan Dasar Militer

Banner IDwebhost

Cakramedianews.id,Grobogan – Ratusan Prajurit Kodim 0717/Purwodadi baik Bintara maupun Tamtama di uji kemampuan dasar militernya melui UTP (Uji Terampil Perorangan) umum di Seputaran Makodim Jl. Suhada No. 2, Purwodadi, Kab. Grobogan, Jumat (7/2)

Kegiatan UTP tersebut berlangsung selama dua hari, yakni terhitung mulai tanggal (5-7/2/2020).

Apel pengecekan diambil oleh Komandan Latihan (Danlat) Kapten Inf Sunoto Kegiatan diikuti oleh seluruh Prajurit Kodim 0717/Purwodadi yang merupakan satuan teritorial mulai dari pangkat Prajurit Satu sampai dengan Pembantu Letnan Satu.
Materi yang diujikan mulai dari tingkat ketrampilan 2 yaitu Pratu-Praka, keterampilan 3 untuk Kopda dan keterampilan 4 adalah Koptu-Kopka. Sedangkan, keterampilan 5 adalah Serda-Sertu, keterampilan 6 Serka-Serma, serta keterampilan 7 untuk Prajurit berpangkat Pelda-Peltu.

Komandan Latihan Kapten Inf Sunoto mengatakan, bahwa Uji Terampil Perorangan (UTP) Umum tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan untuk menguji kemampuan perorangan Prajurit Kodim 0717/Purwodadi sesuai tingkat ketrampilan masing-masing. Sehingga, dapat diperoleh data kemampuan Prajurit dalam melaksanakan tugas pokok yang dibebankan kepadanya.

“Dengan adanya kegiatan UTP tersebut diharapkan, baik peserta UTP ataupun pihak penyelenggara hendaknya dapat melaksanakan kegiatan dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab. Sehingga, dapat diperoleh hasil yang optimal,” ujarnya.
Menurutnya, tingkat kemampuan yang harus dimiliki oleh Prajurit Teritorial mulai dari pangkat Prajurit Satu sampai dengan Pembantu Letnan Satu perlu diuraikan secara rinci sesuai macam dan jenis kemampuan berdasarkan tugas dan tanggung jawab.

“Hal ini, untuk memudahkan di dalam pembinaan kemampuan tersebut, maka setiap materi pengetahuan dan keterampilan dijabarkan dalam tugas-tugas sesuai golongan kepangkatan masing-masing,” tutupnya.

Perwira Seksi Operasi Kapten Inf Susilo Bimo Prasetyo selaku Perwira Pengendali (Padal) mengatakan, “Bahwa materi-materi yang diujikan kesetiap prajurit, disesuaikan dengan tingkat ketrampilan masing-masing, yakni UTP Umum Teritorial dan UTP Umum Intelijen sehingga latihan dilaksanakan selama tiga hari, untuk hari pertama dan kedua materi Teritorial sedangkan hari ketiga untuk materi Intelejen,” ujarnya.(Pendim 0717/Suwarno Cakra)

1

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI