oleh

KPU Kendal Hari ini Gelar Debat Pertama Cabub dan Cawabub Pikada Kendal 2020

Banner IDwebhost

Cakramedianews.id,Kendal – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kendal akan melaksanakan debat publik pertama Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kendal peserta Pilkada 2020. Tema debat, ‘Mewujudkan Kendal Berkemakmuran Melalui Peningkatan Kesejahteraan dan Pembangunan Masyarakat yang Berkarakter’.

Ketua KPU Kabupaten Kendal Hevy Indah Oktaria ketika ditemui beritakita.net mengatakan, debat publik paslon bupati dan wakil bupati akan dilaksanakan tanggal 18 November 2020 (hari ini) pukul 19.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB. Debat publik pertama itu, kata Hevy, merujuk pada konteks visi, misi, dan program paslon.

“Tema debat merupakan hasil diskusi bersama tim pembuat soal dan Focus Group Discussion (FGD) dengan tokoh masyarakat untuk menghimpun persoalan daerah.Semua bahan soal kita serahkan kepada tim penyusun soal. Kami juga tidak tahu isi dari pertanyaan itu karena akan dimasukan amplop yang dilem dan disegel oleh tim penyusun,” tandas Hevy di kantornya, Selasa (17/11/2020).

Mengingat masa pandemi, peserta yang hadir dalam debat dibatasi. Yakni, hanya masing-masing paslon yang hanya didampingi empat orang tim kampanye, ditambah dua orang dari Bawaslu dan dua orang dari KPU. Debat akan dibagi menjadi enam segmen. Pertama, pendahuluan, penyampaian visi misi program paslon dengan durasi dua menit.

Kedua, pendalaman visi misi dan program paslon. Dalam segmen ini paslon dipersilahkan menjawab pertanyaan dari tim penyusun dengan durasi menjawab dua menit. Ketiga, ada undian untuk paslon menjawab pertanyaan yang diberikan dari tim penyusun tentang isu faktual permasalahan di Kendal, dengan durasi menjawab dua menit.

Segmen empat, paslon akan mengambil pertanyaan dari tim penyusun secara undian, yang undiannya dilakukan sebelum debat. Mekanisme tanya jawab untuk paslon, yaitu paslon 1 menjawab pertanyaan yang telah diundi dengan durasi dua menit. Kemudian dilanjutkan tanggapan paslon 2 dan 3 terhadap jawaban paslon 1, dengan durasi masing-masing 1 menit 30 detik.

“Pada segmen lima, paslon akan saling bertanya sesuai tema debat pertama, dan tidak boleh menyerang pertanyaan secara pribadi. Paslon juga wajib mentaati panduan pertanyaan. Segmen terakhir, yakni segmen keenam, paslon menyampaikan pernyataan penutup dalam durasi dua menit,” pungkas Hevy Indah Oktaria, Ketua KPU Kabupaten Kendal.(Nardi Cakra)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI