oleh

Di Guyur Hujan Deras Sungai Abang Meluap Tanggul Irigasi Jebol

-DAERAH-32 views
Banner IDwebhost

Cakramedianews.id,Kebumen-Akibat Hujan deras Sungai Abang meluap mengakibatkan tanggul irigasi putus di Kecamatan Karang Anyar Kabupaten Kebumen Jawa Tengah.Sabtu 26/12/2020.

Menurut keterangan Teguh Kordinator Kelompok Pengelola Wilayah (Luk
ULO)Balai Pengelolaan Sember Daya Air Progo Bogowonto Luk ULO,(BPSDA)hujan yang sangat deras air Sungai Abang mengakibatkan tanggul irigasi putus akibatnya menggenangi ruas jalan nasional tergenang air dengan ketinggian antara 30-50 cm akibatnya jalan nasional karang anyar – kebumen tersebut mengalami kemacetan.kata teguh.

“Selain itu akibat jebolnya tanggul kali Abang sepanjang tiga meter lebar dua meter, dengan ketinggian tanggul 2,5 meter, hektaran sawah tergenang air,hingga berita ini di turunkn tanggul tersebut masih dalam perbaikan.

Menurut informasi dari Kepala Balai PSDA Probolo,yang melalui,Kasi Oprasi dan Pemeliharaan Balai PSDA Probolo. Fredy Nurcahya ST.MT
menambahkan,saat ini kami sedang berusaha dengan pihak- pihak terkait Balai Besar Wilayah Serayu Opak joqjakarta,Badan Penanggulangan Bencana Kebumen(BNPB) camat dan para kades untuk membantu mengatasi jebolan tanggul secara darurat ,agar pelayanan petani tidak terganggu.

Kasi OP Balai PSDA Probolo Fredy Nurcahya,menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat ,tidak di sadari penyebab banjir yang sering tidak kita sadari adalah membuang sampah sembarangan.

Sampah yang di buat di sungai dapat mengakibatkan mempetnya aliran air irigasi dan mengakibatkan ketika hujan air akan meluap,hal tersebut menjadi sebuah pemicu terjadinya banjir yang dapat merugikan masyarakat dan menimbulkan kerugian harta benda bahkan korban jiwa.ujarnya.

“Untuk itu mari kita bersama- sama ikut menjaga sungai jangan membuang sampah sembarangan,karena akan berdampak negatip bagi diri sendiri maupun bagi orang lain.

Bumi adalah tempat tinggal kita,harus kita jaga sebaik mungkin,dengan lingkungan yang bersih ,maka hidup kita tentu lebih nyaman bebas
dari banjir.tegasnya.(Marno)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI