oleh

Berpenampilan Kurang Rapi, Dua Anggota Piket Jaga Pospam Ops Lilin Candi 2020 Mendapat Tindakan Dari Propam

Banner IDwebhost

Cakramedianews.id,Pekalongan-Jajaran kepolisian secara serentak melaksanakan operasi terpusat dengan sandi Operasi Lilin Candi 2020. Terkait hal tersebut penampilan yang baik, menjadi andalan kepolisian dalam melayani masyarakat.

Kapolres Pekalongan AKBP Darno, S.H., S.I.K melalui Kasi Propam Iptu Mustajab mengatakan salah satu bentuk pelayanan kepolisian di masyarakat yakni menciptakan rasa aman. Salah satu yang membuat masyarakat segan dengan pelayanan kepolisian yakni sikap tampang.

“Anggota polisi harus terlihat bersih, rapi. Dengan sendirinya, masyarakat yang melihat akan segan,” kata Iptu Mustajab, Rabu (23/12/2020)

Dikatakan Kasi Propam, dalam mendukung sikap tampang itu, Ia bersama anggotanya yang terdiri dari Provos dan Paminal melakukanOperasi Gaktiblin pengecekan sikap tampang secara mendadak kepada para anggota yang melaksanakan piket jaga di Pospam dan Posyan Operasi Lilin Candi 2020 yang tersebar di wilayah hukum Polres Pekalongan.

Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk mengetahui penampilan perorangan terutama rambut, jenggot, kumis serta seragam dinas polri bagi anggota yang terjun langsung ditengah tengah masyarakat, agar senantiasa siap diri selain dapat meyakinkan masyarakat akan tugas pengayoman pelayanan dan pengamanan kepada masyarakat.

Selama kegiatan Gaktiblin tersebut pihaknya telah menindak dua personil yang kedapatan rambutnya kurang rapi. Dan saat itu juga pihaknya langsung mengambil tindakan dengan memotong rambut anggota tersebut dengan gunting.

Pemotongan rambut ini lanjut Iptu Mustajab, juga sebagai salah satu upaya penegakan disiplin anggota, karena yang diperbolehkan berambut panjang khusus anggota Reskrim dan Intel, itupun hanya bagi anggota di lapangan. Sedangkan anggota yang bertugas di staf harus memenuhi aturan potongan rambut standar yakni 1 hingga 3 centimeter. Harapannya, kedepan tidak ada lagi anggota yang berambut panjang saat memakai pakaian dinas, ucapnya.

Selain pemeriksaan kerapian rambut dan pakaian, satu persatu anggota juga di cek kelengkapan surat-surat identitas pribadi seperti KTP, KTA, SIM dan STNK.

Iptu Mustajab menambahkan, kegiatan Gaktiblin semacam ini merupakan rutinitas Sipropam dalam rangka menegakkan disiplin kepada seluruh anggota jajaran Polres Pekalongan sehingga nantinya dapat memberikan efek sadar kepada anggota yang tidak disiplin, karena anggota Polri harus menjadi contoh yang baik bagi masyarakat, tegasnya. (Yuli-Er$hi/Nardi Cakra)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI